Kamis, 17 Mei 2012

Para Profesional Mengungkap Ranking “Top 10 Aktor2 Idola”



“Masa kejayaan aktor2 idola” adalah salah satu kata kunci untuk mendeskripsikan serial2 drama saat ini. KBS “Love Rain” (YoonA SNSD), “Man From the Equator” (Im Siwan ZE:A), SBS “Fashion King” (Yuri SNSD), “Rooftop Prince” (Micky Yuchun JYJ), dan serial2 drama lain yang saat ini ditayangkan, menjadikan penyanyi2 idola sebagai aktor2 utamanya.
Dengan produksi KBS “Dream High” dan “Dream High 2” yang para pemerannya dipilih langsung dari grup2 idola, “aktor idola” tampaknya menjadi keharusan dalam sebuah drama. Dari waktu ke waktu, bintang2 idola yang membintangi serial2 drama telah dikritik karena kurang dalam kemampuan akting. Beberapa mengkritisi, “Karena bintang2 idola mendapat peran bukan karena kekuatan, melainkan karena popularitas mereka, hal itu membuat aktor2 baru menjadikannya sebagai pekerjaan sambilan.”
Lalu, bagaimana para profesional dalam dunia produksi atau perencanaan serial drama mengevaluasi akting para idola?
Chosun menggelar survey di antara profesional2 terkait, meminta mereka untuk mengevaluasi bintang2 idola yang saat ini menjadi pemeran2 utama. Idola2 pria termasuk Im Siwan ZE:A, Taecyeon 2PM, Kim Jaejoong dan Park Yoochun JYJ, serta Changmin TVXQ. Idola2 wanita termasuk YoonA dan Yuri SNSD, Jiyeon T-ara, UEE After School, dan Suzy miss A. Nilai sempurna adalah 10, dan rata2 nilai yang diberikan oleh para profesional itu adalah 6,7. Jadi jika nilai sempurna 100, artinya mereka bahkan tidak mendapat nilai 70.
Di antara idola2 pria dan wanita, Park Yoochun mendapat nilai tertinggi. Komentar yang diberikan, “Pondasi dasar kuat sebagai seorang aktor dalam kemampuannya menganalisis peran, vokal, proses2 adegan, dan lain2.” Sebaliknya, idola dengan nilai terendah adalah Yuri, dengan alasan karena “tidak menghayati drama.”
Evaluasi untuk Yoona adalah, “Meskipun memiliki kemampuan akting dasar, tapi tak menunjukkan rasa keberadaan dalam akting, hanya seperti apa yang ditunjukkan saat SNSD menjadi pusat.” Para profesional menantikan perkembangan Suzy, “Meskipun akting Suzy dipertanyakan dalam ‘Dream High’, tapi performanya dalam ‘Architecture 101′ telah dipuji. Harus banyak memantaunya di masa depan.”
Kim Jaejoong dan Changmin meraih ranking terakhir di antara idola2 pria. Komentar untuk Kim Jaejoong adalah, “Kebiasaan melihat kamera di atas panggung tidak berubah saat berakting.” Untuk Changmin, para profesional berpikir, “Berlawanan dengan akting, tampaknya dia ingin terlihat menjadi seorang hero.” Untuk Taecyeon dan Im Siwan, mayoritas profesional meyakini bahwa mereka melihat peluang bagi keduanya untuk berkembang menjadi aktor berbakat.
Sementara untuk alasan bahwa penampilan idola2 dalam dunia akting semakin meningkat, beberapa profesional berkata, “Dalam persaingan rating yang sedemikian ketat, para produser tentu saja akan mempedulikan tentang kesadaran tinggi terhadap bintang2 idola. Aktor2 idola kebanyakan menjadi kekuatan utama ledakan K-Pop, sehingga penampilan mereka dalam drama juga akan membantu promosi saat drama2 diekspor ke luar negeri.
Tapi menyakini bahwa aktor2 idola akan menjamin rating seringkali terbukti salah. Pada bulan Maret, “Dream High 2″ menutup serial dengan rating rensah sebesar 6%, sedangkan rating untuk “Fashion King” dan “Rooftop Prince” juga berkisar pada 10%.
Seorang profesional mengatakan, “Saat ini, tak pasti apakah karena kurangnya aktor baru, maka orang2 merasa bahwa serial2 drama yang dibintangi para idola menjadi trend. Dibandingkan dengan aktor2 utama dengan tanggung jawab besar, mereka harus memulai dari peran2 pendukung atau penampilan spesial, membangun kekuatan melalui drama yang panjang. Ini adalah kualitas yang harus diraih tak hanya oleh para aktor, tapi juga para penyanyi untuk meraih sukses.”

Source: Chosun via Dramahaven
indo trans : kikawaiii @yeppopo
TAKE OUT OR RESHARE WITH FULL CREDITS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar